Meningkatkan Kapasitas Infrastruktur Jaringan Di IKN

Selasa, 30 Jul 2024

Menyongsong peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), perusahaan telekomunikasi telah menunjukkan komitmennya untuk menyediakan konektivitas bagi seluruh tamu negara. Dukungan ini diwujudkan melalui penguatan infrastruktur jaringan serta penyediaan produk dan layanan di wilayah IKN dan kota-kota penyangga seperti Balikpapan dan Samarinda.

Desmond Cheung, Direktur dan Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan bahwa mereka akan mendukung kesiapan konektivitas di Ibu Kota Nusantara dengan memperkuat infrastruktur jaringan mulai kuartal pertama tahun 2024.

"Kami berkomitmen untuk memastikan kelancaran konektivitas yang kuat dan merata dari kota penyangga hingga wilayah IKN. Upaya ini merupakan bagian dari pemberdayaan Indonesia," tuturnya dalam siaran pers pada Selasa (30/7).

 Menurutnya, saat ini telah tersedia jaringan 4G dan 5G di kawasan IKN. Hingga bulan Juli 2024, perusahaan telekomunikasi tersebut telah meningkatkan kapasitas trafik data 4G sebesar 84%. Sementara itu, kapasitas pengguna 4G mengalami peningkatan sebesar 44%. Peningkatan kapasitas ini juga didukung oleh penguatan perangkat lunak dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Ia menjelaskan lebih lanjut bahwa penerapan teknologi AI ini memungkinkan untuk mengantisipasi lonjakan trafik data dengan melakukan optimasi kapasitas antar BTS. Dalam infrastruktur jaringannya, telah diterapkan teknologi akses radio terbaru yang dapat menghasilkan efisiensi penggunaan energi yang signifikan.

Ia juga menambahkan bahwa dalam rangka persiapan Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia, perusahaan ini menambah sejumlah Mobile Base Transceiver Station (MBTS) serta backbone fiber optic di wilayah IKN. Dengan lebih dari 15 ribu BTS, jaringan ini telah mencakup 89% populasi di Kalimantan Timur, termasuk 100% populasi di Kota Samarinda. Ke depan, perusahaan ini terus menargetkan perluasan layanan baik untuk pelanggan individu maupun perusahaan di Kalimantan.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar