Apple Telah Menyiapkan Dua Perangkat Lipat Yang Akan Dirilis Pada Tahun 2026

Senin, 05 Agu 2024

Apple telah mengonfirmasi rencana untuk merilis dua gawai lipat miliknya pada tahun 2026, salah satunya adalah iPhone lipat clamshell dengan kode V68. Selain itu, Apple juga sedang mengembangkan gawai lipat lainnya dengan layar internal berukuran 20,3 inci dan ditenagai oleh chip M5. Apakah gawai ini akan menjadi iPad atau Mac, masih menjadi misteri yang harus dipecahkan. Kabar ini semakin memperkuat desas-desus sebelumnya tentang rencana Apple untuk memasuki pasar gawai lipat dengan model clamshell atau flip pada tahun 2026.

Dilaporkan oleh Phone Arena pada hari Sabtu (3/8), Analis Apple di Haitong Securities, Jeff Pu, memperkuat kabar-kabar yang telah beredar mengenai gadget lipat dari Apple. Menurutnya, Apple sedang menyiapkan dua perangkat lipat untuk dirilis pada tahun 2026.

Meskipun demikian, Pu menyatakan bahwa perangkat yang akan dirilis pertama kali adalah iPad atau Mac hybrid pada kuartal kedua tahun 2026, bukan iPhone flip seperti yang banyak diperbincangkan.

Rencana peluncuran iPhone flip yang diharapkan dapat bersaing dengan ponsel lipat Android tampaknya akan tertunda dari perkiraan sebelumnya. Hal ini dikarenakan Apple masih mempertimbangkan kekuatan layar yang akan digunakan pada perangkat tersebut.

Terkait pasokan layar, pada bulan Mei 2024, Apple telah menjalin kerja sama dengan Samsung untuk menjadi pemasok layar pada perangkat lipat mereka.

Tidak lama setelah itu, Apple mengajukan paten untuk panel layar lipat yang diklaim memiliki daya tahan yang baik. Panel tersebut memiliki ketebalan yang lebih di sudut tepinya dan meruncing di area di mana layar berinteraksi dan dilipat.

Ada kemungkinan bahwa produksi iPad atau Mac Hybrid akan diprioritaskan terlebih dahulu, memberikan waktu bagi Samsung untuk menyiapkan rincian dan memproduksi layar iPhone flip dalam jumlah yang memadai dengan desain tersebut.

Sebelumnya, terdapat informasi yang beredar di awal tahun 2024 bahwa Apple sedang menyiapkan dua prototipe iPhone. Salah satunya memiliki desain yang mirip dengan Galaxy Z Fold, sementara model lainnya adalah model clamshell yang menyerupai Galaxy Z Flip.

Namun, laporan terbaru menunjukkan bahwa Apple tampaknya yakin dan memutuskan untuk memasarkan produk iPhone Flip saja, agar dapat berpartisipasi dalam industri ponsel lipat yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami pertumbuhan pesat berkat meningkatnya tren flip.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar