Gambar: Dok. PT Jasa Marga

Basuki Meminta Prabowo-Gibran Untuk Melanjutkan Proyek Tol

Kamis, 20 Jun 2024

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menekankan pentingnya kelanjutan proyek jalan tol bagi pemerintah baru. Dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo), Basuki menyampaikan bahwa pemenuhan air dan sanitasi merupakan kunci untuk hidup layak, namun untuk mencapai kemakmuran diperlukan juga konektivitas yang baik. Salah satu pesan yang disampaikan Basuki adalah agar pemerintah baru dapat melanjutkan proyek Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Selain itu, Basuki juga menginginkan pemerintah baru dapat melanjutkan struktur jaringan Jalan Tol Trans-Jawa. "Tol Trans-Jawa harus terhubung dengan Banyuwangi, termasuk koridor di Semarang-Demak-Kudus-Pati-Rembang-Gresik, serta Pansela harus sudah terhubung," ungkap Basuki. Selain jalan tol, Basuki berharap pemerintah baru dapat mempertimbangkan rencana pembangunan 50 bendungan dalam lima tahun ke depan.

Pasalnya, air merupakan kebutuhan pokok manusia. Namun, infrastruktur sumber daya air di Indonesia masih jauh tertinggal dari negara-negara lain di Asia. Sebagai perbandingan, China memiliki 98.000 bendungan, Korea Selatan memiliki 20.000 bendungan, Jepang memiliki 1.900 bendungan. Sementara Indonesia baru akan memiliki 300 bendungan. "Ini hanyalah upaya untuk mengejar ketertinggalan," tegas Basuki.



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar