Gambar: ANTARA/Shutterstock

Apple Intelligence Kemungkinan Akan Memperkenalkan Fitur Berbayar

Selasa, 02 Jul 2024

Apple Intelligence, layanan kecerdasan buatan Apple, telah diperkenalkan bersamaan dengan perilisan iOS 18, iPadOS 18, dan Sequoia bulan lalu. Meskipun saat ini layanan ini masih gratis, laporan terbaru dari GSM Arena menyebutkan bahwa Apple mungkin akan menghadirkan fitur-fitur berbayar untuk layanan kecerdasan buatannya. Menurut jurnalis senior Bloomberg Mark Gurman, perusahaan berbasis di Cupertino itu berencana untuk membagi layanan cerdasnya menjadi dua tingkatan, di mana tingkatan pertama akan tetap gratis dengan fitur terbatas.

Dalam langkah selanjutnya, pengguna produk Apple yang dianggap lengkap harus membayar biaya langganan.

Dengan langkah tersebut, kemungkinan ini akan menjadi paket langganan seperti semua layanan Apple "+" lainnya yang mungkin dinamakan Apple Intelligence +.

Tindakan ini cukup menarik, seolah-olah ingin menunjukkan bahwa perusahaan menghasilkan lebih sedikit uang dari penjualan perangkat dan lebih banyak dari layanan dengan Apple Intelligence menjadi bagian kunci dari strategi tersebut.

Selain itu, Apple berencana untuk mendapatkan potongan pendapatan langganan dari setiap mitra AI yang diintegrasikan ke dalam perangkatnya.

Laporan ini memberikan pandangan menarik tentang bagaimana Apple melihat aliran pendapatan masa depannya.

Saat ini, hanya perangkat yang telah diperbarui dengan sistem operasi terbaru yang dapat menikmati Apple Intelligence. Contohnya adalah iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, atau salah satu dari keluarga iPhone 16. Pengguna Mac dan iPad juga memerlukan perangkat yang dilengkapi dengan chip Apple M-series.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar