Gambar: Dok/DSSA

DSSA Berharap Dapat Mencapai Pendapatan Sebesar US$ 3,1 Miliar Dengan Bergantung Pada Batubara

Jumat, 05 Jul 2024

PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) menetapkan target konservatif untuk kinerja keuangan di tahun 2024. Perusahaan menargetkan pendapatan mencapai US$ 3,1 miliar pada tahun ini. Susan Chandra, Sekretaris Perusahaan Dian Swastatika Sentosa, menyatakan bahwa lini bisnis batubara tetap menjadi penopang utama kinerja perusahaan di tahun ini.

Susan menyatakan bahwa target penjualan mencapai sekitar US$ 3,1 miliar, dengan sebagian besar berasal dari sektor industri batubara. Namun, pencapaian target tersebut akan sangat dipengaruhi oleh fluktuasi harga batubara. Selain itu, Susan juga mengungkapkan bahwa DSSA memiliki rencana strategis untuk mengeksplorasi peluang bisnis di sektor energi baru dan terbarukan (EBT).

Dalam rangka mencapai target pada tahun ini, DSSA telah mengalokasikan belanja modal hingga mencapai US$ 316 juta. Alokasi terbesar digunakan untuk pengembangan jaringan telekomunikasi Fiber to the Home (FTTH) MyRepublic.

Fluktuasi harga batubara juga berdampak pada kinerja DSSA selama tiga bulan pertama tahun ini.

Berdasarkan laporan keuangan DSSA, pendapatan pada kuartal I 2024 mencapai US$ 796,78 juta atau mengalami penurunan sekitar 55,12% year on year (yoy). Pada kuartal I 2023, pendapatan DSSA mencapai US$ 1,77 miliar.

Dari segi laba bersih, laba bersih DSSA menurun sekitar 42,14% yoy dari US$ 177,74 juta pada kuartal I 2023 menjadi US$ 102,83 juta pada kuartal I 2024.

Susan menjelaskan, "Penurunan ini terutama disebabkan oleh penurunan harga jual rata-rata batubara."

Dalam laporan Kontan, DSSA telah menyiapkan berbagai strategi untuk mempertahankan kinerja bisnisnya. Susan menjelaskan berbagai rencana bisnis DSSA di setiap segmen usahanya.

Dalam sektor pertambangan dan perdagangan batubara, melalui anak perusahaannya, DSSA akan lebih responsif dalam mengatasi dampak cuaca dan lebih selektif dalam pengeluaran modal. Diharapkan hal ini dapat meningkatkan efisiensi produksi guna mengurangi biaya dan meningkatkan profitabilitas.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar