Gambar: ANTARA/Aris Wasita

Pada Malam 1 Sura, Pura Mangkunegaran Menggelar Kirab Enam Pusaka

, 07 Jul 2024

Pada malam 1 Sura, Minggu, Pura Mangkunegaran Surakarta, Jawa Tengah mengadakan kirab enam pusaka, termasuk lima tombak dan satu pusaka yang berada di dalam jodang.

Pantauan di Solo menunjukkan bahwa pusaka-pusaka tersebut dikeluarkan dari ruang pusaka Dalem Agung dan dibawa ke pendopo Pura Mangkunegaran

Para abdi dalem memanggul pusaka-pusaka tersebut, dengan masing-masing tombak yang memiliki lebar lebih dari dua meter dipanggul oleh dua orang abdi dalem.

Sebelumnya, pusaka-pusaka tersebut dibersihkan atau dijamasi dengan menggunakan air kembang.

Pangeran Sepuh GPH Paundrakarna Jiwo Suryonegoro bertindak sebagai cucuk lampah atau pemimpin kirab, diikuti oleh sejumlah tokoh seperti Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa, anggota DPR RI Aria Bima, putra Presiden Jokowi Kaesang Pangarep, dan istrinya Erina Gudono, serta Ketua Kadin Surakarta Ferry Septha Indrianto.

Di belakang barisan tersebut, diikuti oleh pusaka dan peserta kirab lainnya. Rute kirab meliputi mengelilingi tembok Pura Mangkunegaran hingga sebagian kecil Jalan Slamet Riyadi sebelum kembali ke Mangkunegaran melalui Ngarsopuro.

Sementara itu, sesuai dengan aturan Pura Mangkunegaran, Mangkunegara X atau Gusti Bhre tidak diizinkan untuk ikut serta dalam kirab, hanya melepas barisan tersebut. Gusti Bhre hanya memberikan doa agar para peserta kirab dapat melaksanakan kirab dengan lancar dan selamat.

"Semoga kirab berjalan lancar dan selamat," ucapnya.

Setelah seluruh peserta kirab meninggalkan halaman Pura Mangkunegaran, puluhan masyarakat berebut air kembang. Beberapa orang meyakini bahwa air kembang membawa berkah.

Salah satu warga dari Kabupaten Karanganyar, Kusumawati, sengaja datang dan berebut air kembang. Ia mengatakan ingin mendapatkan lebih banyak berkah. "Supaya lebih berkah, saya akan menyimpannya," ujarnya.

Acara kirab diakhiri dengan penyebaran udik-udik atau uang dari keluarga Mangkunegara kepada peserta kirab.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar