Menhub Mendorong Percepatan Pengembangan Jalur Kereta Api Logistik Di Sulawesi Selatan

Sabtu, 20 Jul 2024

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi terhadap pembangunan jalur tambahan kereta api Makassar - Parepare di stasiun Mangilu, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada hari Jumat (19/7). Inspeksi ini bertujuan untuk memastikan percepatan pembangunan jalur kereta api Makassar - Parepare guna mendukung angkutan logistik serta menghubungkan kereta api dengan pabrik Semen Tonasa. Menhub menyampaikan bahwa jalur kereta api ini diharapkan dapat mempermudah mobilitas logistik serta mengurangi biaya pengiriman dalam jangka panjang. Saat ini, jalur kereta api Makassar - Parepare telah terbangun sepanjang 118 kilometer (km), termasuk jalur stasiun Mangilu hingga stasiun Garongkong sepanjang 56,7 km, dan siding track yang menghubungkan kereta api dengan Pelabuhan Garongkong dan Pabrik Semen Tonasa sepanjang 15,7 km.

Direktur Utama PT Semen Tonasa Asruddin mengungkapkan bahwa penggunaan kereta api sebagai moda transportasi logistik tidak hanya memberikan manfaat bagi industri, tetapi juga bagi masyarakat secara umum. Dia berharap bahwa penggunaan moda transportasi ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan industri di Kabupaten Pangkep dan Sulawesi secara keseluruhan. 

Untuk angkutan penumpang, KA Makassar - Parepare telah beroperasi dari Stasiun Garongkong hingga Stasiun Mangilu, melewati tujuh stasiun dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 270 kursi. Setiap harinya, kereta api ini melayani empat perjalanan. Sejak awal operasi hingga 15 Juli 2024, total penumpang yang diangkut mencapai 377.456 orang, dengan load factor mencapai 76.24%.

Dalam acara tersebut, Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal, dan Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Pendanaan dan Keuangan Otto Ardianto juga turut hadir.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar