Gambar: ANTARA FOTO/REUTERS/AAP Image/Lukas Coch/foc

Microsoft Mengatakan Bahwa 8,5 Juta Perangkat Terkena Dampak Dari Gangguan IT Global

Senin, 22 Jul 2024

Microsoft melaporkan bahwa sekitar 8,5 juta perangkat, atau kurang dari 1 persen dari total perangkat Windows di seluruh dunia, terkena dampak dari gangguan IT global yang baru-baru ini terjadi. Informasi tersebut diumumkan oleh wakil presiden keamanan perusahaan dan OS Microsoft, David Weston, melalui unggahan blog di situs perusahaan.

"Meskipun persentase perangkat yang terkena dampak kecil, dampak ekonomi dan sosial yang luas mencerminkan pentingnya perusahaan yang menggunakan CrowdStrike," tulis David, seperti yang dikutip pada hari Senin.

David juga menyatakan bahwa meskipun gangguan IT ini bukan insiden yang disebabkan oleh Microsoft, namun perusahaan teknologi tersebut bekerja sama dengan CrowdStrike untuk menangani permasalahan ini.

Pemulihan sistem berjalan lambat apabila setiap perangkat yang terpengaruh memerlukan perbaikan manual. Namun, Weston menyatakan bahwa Microsoft dan CrowdStrike telah mengembangkan solusi yang membantu infrastruktur Azure Microsoft untuk mempercepat pemulihan sistem.

Selain itu, Microsoft juga bermitra dengan Amazon Web Services dan Google Cloud Platform.

Dilaporkan bahwa bisnis di seluruh dunia pada hari Jumat (19/7) mengalami gangguan IT yang signifikan, termasuk munculnya "layar biru kematian" pada komputer Windows mereka. Gangguan ini merupakan salah satu insiden IT terbesar dalam beberapa tahun terakhir yang telah memengaruhi perusahaan di berbagai sektor, seperti bank, jaringan makanan, rumah pialang, organisasi berita, jaringan kereta api, dan maskapai penerbangan.

Peningkatan yang diterapkan oleh perusahaan keamanan siber CrowdStrike disebut sebagai pemicu dari gangguan IT yang mempengaruhi operasional perusahaan di berbagai sektor. Perangkat lunak perusahaan ini sering digunakan oleh perusahaan untuk mengelola keamanan pada perangkat dan server Windows.

Sebuah posting di forum dukungan CrowdStrike mengakui permasalahan ini, menyatakan bahwa perusahaan telah menerima laporan mengenai gangguan operasional yang terkait dengan pembaruan konten.


Tag:



Berikan komentar
Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Komentar